2 Kelebihan Cetakan Uang Rupiah Baru


Fakta positif dan kelebihan uang rupiah baru yang sedang heboh di masyarakat Indonesia.

1. Punya Sistem Pengaman yang Terbaik di Dunia
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, uang rupiah baru yang dirilis BI masuk uang teraman di dunia. "Sebetulnya pengamanan kita salah satu terbaik di dunia," tutur Agus.

Agus menerangkan, uang rupiah baru yang dikeluarkan paling tidak memiliki 9-12 tipe pengaman. Dia mengatakan, untuk pengaman tersebut ada yang bisa diketahui oleh masyarakat awam, tapi ada pula yang hanya bisa diketahui spesialis.

"Pengaman uang kertas, baik uang kertas Rp 100 ribu sampai Rp 1.000 itu antara 9-12 pengaman yang ada dan pengaman itu yang diketahui masyarakat luas ataupun diketahui spesialis tentu akan sosialisasi mengenai pengaman-pengamannya," ujar dia.

Dia mengatakan, salah satu peningkatan keamanannya antara lain ialah dari segi warna dan ultraviolet.

"Peningkatan pengamanannya di lima unsur, mulai dari warna, ultraviolet sampai rectoverso. Ada lima hal yang ditingkatkan pengamanannya di uang emisi 2016," jelas dia.

2. Rupiah Lebih Keren dari Euro
Banyak yang bilang desain uang baru keren, cantik hingga disandingkan dengan mata uang euro. Secara nilai, memang rupiah kalah telak. Namun jangan salah, desain uang rupiah baru lebih keren dari mata uang di mayoritas Eropa itu.

Indonesia memiliki desain uang kertas terbaik. Peluncuran uang rupiah baru ini pun telah menuai perhatian masyarakat, terutama di media sosial.
Dalam akun Twitternya, Penasihat Senior Bidang Ekonomi Bursa Efek Indonesia (BEI) Poltak Hotradero menampilkan desain uang rupiah baru dengan euro.

"Duit rupiah baru desain warnanya mirip duit Euro. Tapi duit Euro memang tidak pernah ada gambar orang. Adanya gambar gapura dan jembatan," tulis dia dalam akun Twitternya.

Ia menambahkan dalam akun Twitternya, euro sengaja tidak ada gambar orang atau tokoh karena uang itu digunakan oleh beberapa negara jadi untuk menjaga netralitas. Euro dicetak dan diedarkan hanya oleh Bank Sentral Eropa. Badan ini bersifat independen terhadap pemerintah anggota Uni Eropa pengguna euro.

Ia menyebutkan, uang rupiah baru warnanya lebih lembut dan desain lebih segar. Bahkan, uang rupiah baru lebih sulit dipalsukan.

Tak heran, situs berita Inggris, Telegraph, pada Mei lalu membuat daftar 15 uang dengan desain terkeren di dunia. Rupiah masuk di dalamnya, meski bukan uang baru. Telegraphmenyebut uang rupiah pecahan Rp 10.000 yang beredar kala itu termasuk yang terkeren. [liputan6]
2 Kelebihan Cetakan Uang Rupiah Baru 2 Kelebihan Cetakan Uang Rupiah Baru Reviewed by kukoin on 16.01.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.