Hebat! Militer Indonesia Salah Satu Terkuat di Asia


Rakyat Indonesia harus bangga dengan kekuatan militer yang dimiliki oleh TNI saat ini. Menurut data yang diungkapkan oleh Global Firepower (GFP), Indonesia ternyata merupakan salah satu negara Asia dengan kekuatan militer yang paling kuat. Mereka pun menempatkan Indonesia dalam posisi kelima negara dengan kekuatan militar paling besar di Asia.

Penilaian kekuatan militer ini dilakukan oleh GFP dengan mempertimbangkan berbagai hal. Di antaranya adalah jumlah penduduk, rata-rata usia personel militer, anggaran biaya militer, peralatan militer yang dimiliki, utang luar negeri dan berbagai parameter penilaian lainnya.

Dari hasil penilaian tersebut, Indonesia pun ternyata menempati posisi ke 12 untuk level dunia. Pencapaian ini pun sangat membanggakan. Terlebih GFP melakukan penilaian terhadap lebih dari 100 negara dunia dengan total 50 parameter penilaian. Dan Indonesia pun mempunyai pencapaian tertinggi untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dalam daftar ini, GFP menilai Amerika Serikat sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat sedunia. Baru di posisi kedua dan ketiga masing-masing disusul oleh Rusia dan Cina. Selanjutnya, ada negara India dan Inggris yang menempati posisi keempat dan kelima. Korea Selatan dan Jepang pun harus puas berada di posisi ketujuh dan kesembilan.
Selanjutnya, Indonesia menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat nomor 12 di tingkat dunia. Penilaian ini pun satu strip lebih baik dibandingkan dengan kekuatan militer negara tetangga Australia yang berada di posisi ke-13. Selain itu, kekuatan militer Indonesia juga hanya kalah satu level kalau dibandingkan dengan Israel yang dikenal mempunyai teknologi canggih.

Dengan pencapaian tersebut, Indonesia pun menempati posisi ke 5 untuk kategori negara dengan kekuatan militer terkuat di level Asia. Kekuatan militer Indonesia pun hanya kalah dari empat negara yang masuk dalam daftar 10 besar GFP, yakni Cina, India, Korea Selatan serta Jepang. Dan tentunya, pencapaian Indonesia ini pun merupakan yang tertinggi untuk level Asia Tenggara.

Sementara itu negara-negara tetangga di Asia Tenggara juga memperoleh penilaian serupa dari GFP. Hasilnya, Thailand berada di posisi ke 20, Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia (35), Filipina (40), Myanmar (44), Kamboja (96) dan laos (117). Jadi, bangga kan dengan Indonesia? [indo]
Hebat! Militer Indonesia Salah Satu Terkuat di Asia Hebat! Militer Indonesia Salah Satu Terkuat di Asia Reviewed by kukoin on 16.04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.