Empat Tipe Orang Indonesia dalam Memilih Mobil

Konsumen pembeli mobil di Indonesia dikategorikan dalam empat tipe. Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan sebuah lembaga marketing. Berdasarkan penelitian itu bisa diketahui bagaimana seorang konsumen menentukan mobil yang dipilih.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menjelaskan, konsumen automotif dibagi dalam dua garis sumbu. Sumbu pertama adalahdecision making dan satu lagi preference.

"Yang pertama ekspresionis. Artinya apa? Dia mengambil keputusan sendiri. Decision makingsendiri. Preference-nya: 'Saya mau menunjukkan jati diri'. Dia orang yang: 'Inilah saya, saya mau mobil yang ini'. Di Indonesia, tipe ini yang paling banyak. Ini orang-orang kaya biasanya," jelas dia.

Setelah itu, lanjut Amel, ada tipe analis. "Mengambil keputusannya terpengaruh oleh orang. Dia dengar, baca, dan membandingkan. Cari referensi dulu dan baca di forum. Dan, dia ingin menunjukkan jati diri juga. Itu analis. Konsumen dengan tipe ini memiliki sifat lebih teliti dalam memilih mobil. Segala referensi akan dipelajari untuk menentukan pilihan," terang dia.

Tipe lainnya, sambung Amel, adalah follower. "Dia lihat dari orang, preference-nya practical. 'Ya orang lain pakai, saya ikut deh'. Ini orang-orangfollower,” tambah dia.

Berikutnya adalah tipe realistis. Umumnya, konsumen seperti ini lebih melihat kemampuan atau budget yang dimiliki. (ton)

Anton sugartono via okezone.com


Empat Tipe Orang Indonesia dalam Memilih Mobil Empat Tipe Orang Indonesia dalam Memilih Mobil

Reviewed by kukoin on 15.01.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.