2 Kapal Perang RI Serbu Perairan Laut Flores, Ada Apa?


Dalam perjalanan menuju daerah latihan bersama (Latma) Cassowary Exercie-16 (Cassoex-16) tahun 2016, Komandan KRI Sampari-628 Letkol Laut (P) Irwan Sobirin selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Cassoex-16 menugaskan kepada Tim KRI untuk melaksanakan latihan di perairan Flores. Kedua KRI tersebut adalah KRI Sampari-628 dan Tim VBSS KRI Layang-635.

Latihan ini diawasi langsung oleh Komandan KRI Layang-635 Mayor Laut (P) Nopriadi. Latihan tersebut disimulasikan TIM VBSS melaksanakan pemerikasaan kapal yang sedang berlayar, pemeriksaan meliputi surat-surat maupun muatan yang terdapat dalam kapal.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, latihan yang dilaksanakan oleh TIM VBSS kedua kapal perang merupakan pra awal latihan dalam rangka Latma Cassoex-16 sebelum pelaksanaan latihan yang sesungguhnya dengan Royal Autralia Navy (RAN). Latihan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2016 mendatang.

Tim VBSS adalah sebuah Tim kecil yang terdiri dari 8 personel dan memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal. Tim ini merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut.

via jpnn.com
2 Kapal Perang RI Serbu Perairan Laut Flores, Ada Apa? 2 Kapal Perang RI Serbu Perairan Laut Flores, Ada Apa? Reviewed by kukoin on 16.37.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.