Grup Lawak Indonesia Yang Lawakannya Khas Dan Akan Tetap Dikenang

Sejak era orde lama hingga sekarang banyak grup lawak yang bermunculan. Banyak dari mereka yang memiliki ciri khas lawakan yang berbeda. Ada yang membuat kita sampai sakit perut karena tidak kuat menahan tawa, ada pula yang lawakannya "garing"alias tidak lucu. Di thread ini ane akan menulis beberapa grup lawak yang memiliki ciri khas lawakan dan tetap akan dikenang hingga masa mendatang.

Kwartet Jaya

Di tahun 70'an ada grup lawak yang merajai pementasan di eranya. Merekalah Kwartet Jaya. Kwartet Jaya diperkuat beberapa pelawak legendaris seperti Alm. Bing Slamet, Ateng, Iskak, dan Eddy Sud. Ada beberapa film mereka yang bisa membuat kita tertawa tiada henti diantaranya : Bing Slamet Dukun Palsu dan Bing Slamet Sibuk. Setelah kematian Bing Slamet, Kwartet Jaya akhirnya bubar. Ateng dan Iskak akhirnya keluar kemudian diikuti oleh hengkangnya Eddy Sud.

Warkop DKI

Siapa yang tidak kenal dengan grup lawak yang satu ini ? Mereka selalu menyiapkan humor segar di setiap film mereka. Sebelum bernama warkop DKI, kelompok ini bernama Warkop Prambors sebelum ditinggal Nanu (penampilan Nanu bisa disksikan dalam film mana tahan). Saat ini personel Warkop DKI yang tersisa adalah Indro.

Srimulat

Srimulat adalah kelompok lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Solo pada tahun 1950. Nama Srimulat sendiri diambil dari nama istri Teguh pada saat itu. Dalam perkembangannya, kelompok Srimulat kemudian mendirikan cabang-cabang seperti di Surabaya, Semarang, Surakarta, dan Jakarta.

Srimulat termasuk grup lawak yang cukup lama bertahan meski di tengah perjalanan karier terjadi banyak menghadapi persoalan dan bongkar pasang pemain. Hal inilah yang membuat mereka semakin matang. Jika sebelumnya hanya berpentas di gedung-gedung pertunjukan, setelah munculnya televisi swasta pada akhir 1980-an, masing-masing anggotanya mendadak menjadi selebriti. Grup ini dapat dikatakan merupakan satu-satunya grup lawak Indonesia yang memiliki anggota paling banyak.

Anggota Srimulat yang masih dikenal hingga saat ini : Nunung (Masih muncul di NET. dengan acara nyonya nunung), Tarzan (jadi pak rt di tetangga masa gitu), Doyok & Kadir, dan lain-lain

Patrio

Di era 90'an muncul grup lawak yang mampu membuat perut pemirsa sakit karena menahan tawa. Merekalah Patrio. Patrio beranggotakan Parto, Akri, dan Eko. Patrio meraih kesuksesan besar dalam acara ngelaba yang tayang di TPI.Saat ini anggota Patrio jarng terlihat berkumpul menjadi satu. Parto masih tetap aktif di dunia entertainment, Eko terjun di dunia politik dan bisnis, dan setahu ane Akri saat ini aktif menjadi pendakwah.

Itulah dia beberapa grup lawak yang masih akan tetap dikenang hingga saat ini maupun masa mendatang. Sebenarnya ada banyak grup lawak yang senbenarnya lucu, tapi tidak ane masukin kesini karena kurangnya referensi seperti Jayakarta Group dll. Ada pula kelompok lawak lainnya seperti OVJ atau Extravagaza yang nggak ane masukin karena berbasis acara TV.

Aj16 via kaskus.co.id
Grup Lawak Indonesia Yang Lawakannya Khas Dan Akan Tetap Dikenang Grup Lawak Indonesia Yang Lawakannya Khas Dan Akan Tetap Dikenang Reviewed by kukoin on 16.46.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.