Menteri Susi Ancam Seret Tiongkok ke Pengadilan Internasional


Penangkapan anak buah kapal pelaku illegal fishing berbendera China di perairan Natuna, Kepulauan Riau, berbuntut panjang. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan akan membawa persoalan tersebut ke International Tribunal for the Law of the Sea atau Pengadilan Hukum Laut Internasional. 

Susi mengancam akan menyerahkan masalah ini ke pengadilan internasional jika pihak China tetap bersikeras mengklaim wilayah perairan Natuna masuk dalam zona perikanan tradisional China. 

"Kalau mereka tetap bersikeras, kami akan bawa ke tribunal international," kata Susi saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (21/3).
Susi telah melaporkan persoalan ini kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Luar Negeri. Namun, menurutnya, presiden hingga kini belum berkomentar. 

Sementara Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, telah memanggil Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar China di Jakarta, Sun Weide, untuk menyampaikan nota protes terkait insiden penangkapan kapal tersebut.

Menurut Susi, sejak November 2014, Indonesia dan China telah sepakat untuk memerangi pencurian ikan. Namun aksi yang dilakukan oleh kapal KAMU Kway Fey 10078 akhir pekan lalu menunjukkan sikap ambigu China.

"Dengan aksi kemarin, kami merasa seperti diinterupsi dan disabotase. Ini akan mengundang negara besar yang tidak berkaitan dengan isu di Laut China Selatan untuk ikutan meramaikan dan menjadi tidak kondusif lagi," ujarnya.

Selama ini China telah memasukkan sebagian perairan Natuna Indonesia yang berada di wilayah Laut China Selatan ke dalam peta teritorialnya. Wilayah itu disebut nine-dash lineatau garis demarkasi yang digunakan pemerintah Republik Rakyat China untuk mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan. 

Klaim China itu menjadi sengketa sejumlah negara di Asia dan mengundang kecaman sejumlah negara yang selama ini mempersengketakan pulau-pulau di Laut China Selatan.

Prima Gumilang via cnnindonesia.com
Menteri Susi Ancam Seret Tiongkok ke Pengadilan Internasional Menteri Susi Ancam Seret Tiongkok ke Pengadilan Internasional Reviewed by kukoin on 21.13.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.