Perusahan Indonesia Yang Menjadi Sponsor di MotoGP


SEBAGAI kompetisi balap motor kelas dunia, gengsi MotoGP dan Moto2 tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak heran, banyak perusahaan-perusahaan dari negara mana pun yang berlomba-lomba menawarkan diri untuk menjadi pemasok hingga sponsor tim-tim yang di MotoGP mau pun Moto2.

Meski belum ada satu pun pembalap Tanah Air yang ikut berlaga di dalamnya, Indonesia rupanya menjadi salah satu negara yang produk-produknya banyak digunakan atau menjadi sponsor tim-tim MotoGP. Produk-produk tersebut mulai dari helm, oli, apparel naik motor, hingga suku cadang motor.

Untuk helm, KYT adalah contohnya. Pada gelaran MotoGP 2016, KYT melakukan kerjasama berdurasi tiga tahun dengan pembalap Suzuki Ecstar, Aleix Espargaro. Ini bukan pertama kalinya helm KYT digunakan oleh pembalap MotoGP. Sebelumnya helm KYT sempat digunakan oleh rider Ducati, Andrea Iannone, selama dua musim.

Berikutnya ada perusahaan oli, Federal Oil. Federal Oil musim ini merupakan sponsor utama salah satu tim Moto2 yakni Tim Gresini Racing, hingga membuat nama tim menjadi Tim Federal Oil Gresini. Tidak hanya menjadi sponsor utama, produsen oli yang berpabrik di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, tersebut juga menjadi penyuplai oli tim yang digawangi oleh Sam Lowes itu.

Selanjutnya adalah apparel naik motor. Respiro, brand apparel asal Bandung, rupanya juga ikut membanggakan Indonesia di pentas Moto2. Respiro musim ini tercatat sebagai partner resmi seragam kru pit Tim Federal Oil Gresini. Meski sudah tidak asing lagi di dunia balap motor nasional, ini adalah pertama kalinya Respiro masuk ke dunia balap internasional.

Di suku cadang motor ada merek Aspira yang merupakan produk dari PT Astra Otoparts. Sama seperti Federal Oil dan Respiro, Aspira musim ini menjadi salah satu sponsor dari Tim Gresini Racing. Ini akan menjadi tahun keempat Aspira dalam melakukan kerjasama dengan Tim Gresini Racing.

Lalu produk Indonesia terakhir yang digunakan di MotoGP adalah busi yang diproduksi oleh NGK Busi. NGK Busi merupakan perusahaan patungan antara NGK Spark Plug Co. Ltd asal Jepang dengan PT. Pendawa Sempurna asal Indonesia. Tim-tim yang diketahui menggunakan busi NGK adalah Repsol Honda, Movistar Yamaha, dan Ducati.(fap)

Zanel Farha Wilda via okezone.com
Perusahan Indonesia Yang Menjadi Sponsor di MotoGP Perusahan Indonesia Yang Menjadi Sponsor di MotoGP Reviewed by kukoin on 15.51.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.