5 Jenis Buah Tropis Asli Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara tropis penghasil buah-buahan terbesar di dunia. Kualitas buahnya yang segar dan lezat memang berbeda dengan negara di Asia pada umumnya. Apalagi dengan perkembangan teknologi baru yang mampu merekayasa genetika tumbuhan hingga menghasilkan buah dalam jumlah lebih banyak dengan rasa yang lebih nikmat. Beberapa contoh buah nikmat dan segar yang hanya ada di Indonesia adalah rambutan, belimbing, manggis, durian, jambu air, pisang, dan kelengkeng. Nah, beberapa varietas dari 7 buah-buahan ini hanya ada di Indonesia:

1. Rambutan
Buah rambutan ini sangat tersohor dan asli dari Indonesia. Rambutan yang paling terkenal adalah rambutan binjai dari Aceh. Buahnya sangat manis, sedikit asam dan besar, jika dibandingkan dengan rambutan jenis lain. Nah, mengapa buah ini hanya ada di Indonesia? Rambutan tumbuh sempurna di daerah yang memiliki curah hujan yang cukup. Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan curah hujan berkisar 1500 – 2500 mm per tahun. Sehingga, rambutan dapat tumbuh subur di Indonesia yang terkenal dengan curah hujannya yang tinggi dan merata di setiap kepulauan.

2. Belimbing
Belimbing di Indonesia ini buahnya segar, besar, manis dan, sedikit asam. Buah belimbing hanya dapat dibudidayakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia yang memiliki varietas belimbing unggul, seperti Kunir dan Kapur. Belimbing tumbuh sempurna di Indonesia, karena negara tercinta ini memiliki intensitas sinar matahari yang memadai, yaitu 45% – 50%. Selain itu, lahan di Indonesia juga sangat subur dan mengandung bahan organik yang diperlukan oleh tanaman belimbing.

3. Manggis
Buah manggis yang manis dan sedikit asam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengobati penyakit diabetes. Manggis hanya dapat tumbuh di Indonesia, karena tingkat kelembapan udaranya antara 24 – 32 ° Celcius. Ditambah lagi drainase air yang cukup, namun tidak menggenang. Ketinggian dataran rendah di Indonesia rata-rata 5 – 500 meter di atas permukaan laut.

4. Durian
Durian montong adalah varietas buah yang diekspor hingga ke negera-negara Eropa dan Amerika. Rasanya yang sangat khas membuat banyak orang menggemari buah asli Indonesia ini. Nah, mengapa buah ini hanya ada di Indonesia? Indonesia memiliki tingkat asam basah tanah atau pH yang normal yaitu 6 hingga mendekati 7. Buah durian dapat tumbuh sangat sempurna di tanah dengan pH 7. Selain itu, cahaya matahari yang terik juga sangat diperlukan hingga buah durian siap untuk di panen. Nah, sinar matahari yang terik hanya ada di Indonesia.

5. Jambu air
Jambu air yang berwarna hijau dan merah banyak dijumpai di daerah Jawa Timur, Indonesia. Madura yang terkenal dengan garamnya juga menjadi salah satu penghasil komoditas ekspor jambu air terbaik di seluruh Indonesia. Tanah podsoil dan sedikit berpasir di daerah Madura menjadi tempat sempurna bagi pohon jambu air untuk melakukan penyerbukan di musim panas.
Reno Paslah via Onhits.net
5 Jenis Buah Tropis Asli Indonesia 5 Jenis Buah Tropis Asli Indonesia Reviewed by kukoin on 15.14.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.