Traveling Ke Bali Dengan Biaya Super Murah

Buat agan-agan semua yang tinggal di Pulau Jawa, rasa sayang jika kita tidak pernah mengunjungi pulau wisata terbaik  ke-2 DUNIA, diingatkan sekali lagi yah bukan Asean ataupun Asia, tapi Dunia (http://www.brobali.com/2016/01/bali-peringkat-2-pulau-wisata-terbaik-dunia.html?m=1 ) . Tapi banyak yang berpikir kalau ke Bali itu pasti biayanya  mahal, jutaan rupiah lah, dan pokonya MAHAL aja. eiiits ubahlah pemikiran seperti itu, karena mungkin hanya dengan 675k pun bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, khususnya yang tinggal di Kuningan Jawa-Barat itu merupakan suatu biaya yang lebih dari cukup... lho? emang nya gimana caranya?

Cara menuju Bali.

> Cirebon-Jogja
langsung aja ya strat dari Stasiun Prujakan-Cirebon, dari sini agan naik kereta yang ke Stasiun Lempuyangn-Jogja  nama kertanya yaitu Bengawan, harganya sih 76k nah jam Berangkatnya dari Stasiun Prujakan-Cirebon 14:40 sampai Jogja jam 19:50, ya karena kereta dari Jogja ke Banyuwangi itu berangktanya jam 7:00 pagi, maka agan harus terpaksa menginap dulu di Jogja, biar hemat ya tidur di mesjid stasiun, tapi pada waktu itu saya sih nginep dikosan temen yang ngekost di Jogja. hehheheh

> Jogja-Banyuwangi
nah dipagi harinya jam 07:15, kita bisa langsung caw deh ke Banyuwangi dengan naik Kereta Sri Tanjung berhenti di Stasiun paling timur Pulau Jawa aja, namanya stasiun Banyuwangi Baru, harganya lumyan ko cuma 96k, tapi kita harus sabar loh perjalanan Jogja-Banyuwangi  cukup lama lho.... 14 jam men!!! kita sampe disono jam 21:15,bayangin gimana teposnya pantat kita 14 jam dikereta. ahahaha

>Banyuwangi-Bali
14 jam di kereta cukup bikin pegel semua badan, tapii perjalanan kita masih jauh!!!! buat ngefreshin badan kita, kita istirhat dulu aja di mushalah staisun, sekalian shalat isya. setelah semuanya fit, kita lanjutin deh perjalanannya, dari Banyuwangi ke Bali kita pake Kapal Ferry, jujur ini pertama kali saya naik kapal. ahahahha dari stasiun ke Pelabuhan Ketapang gak jauh ko, mungkin ada 50 meteran. nah biaya naik kapal cuman 7K, kalian jangan khawatir ketinggalan kapal, karena kapal beroprasi 24 jam nonstop!!! tapi. diusahaiin yah, kalian jangan tidur, karena gemerlap lampu dari kapal lain, aslii keren lhoo, sayang buat ditinggalkan.

>Bali (Pelabuhan Gilimanuk)-Denpasar
Setelah satu jam lebih kita naik Kapal, akhirnya sampai juga di Pulau Bali coooy , jam 02;00 WITA,ingeeet WITA loh, bukan WIB lagi kekbiasanya. wkwkwkk  asli gak nyangka bisa ngebackpacker sampe sini, soalnya ini impian pas masa-masa 2 SMA ahahahha, abis kita turun dari kapal dan keluar dari Pelabuhan, tak jauh dari situ ada terminal tempat ngetemnya bis buat ke Denpasar, nahhh langsung aja naik, bisnya aga lama ngetemnya ane pun ngetemnya sampe sejam lebih, brangkat-brangkat jam 03:00 WITA, ongkosnyapun lumayan 40k hmmmmz..... oya perjalanan Gilimanuk-Denpasar 4 jam loh, lama juga yeeee :3

>Denpasar-Kuta
4 jam dibis lumayan juga lah buat istirhat, ya soalnya bisnya juga sepi, jadii bisa dimanfaatin sama kita buat selonjoran gtu. hehhehe  sampe di Termilan Ubung Denpasar jam 6:30 WITA. nah buat menuju ke Kuta sekitar setengah jaman deh dan  banyak ko jasa transportasi yang mengantari kita ke Kuta, ada ojeg, taxi, sama angkot... tapi ane saranin yah lebih baik naik angkot aja, soalnya naik taxi sama ojeg lumayan juga lho, bisa jebol uang kiteee.. nah tpii angkot ga ada yang langsung ke Kuta, jadi kita dari terminal Ubung ke Terminal Batu Bulan naik angkot, ongkosnya 7.5k soalnya aga jauh sih, setengah jaman. nah dari Batu Bulan kita naik Damri/Trans Bali deh, murah ko cuman 2.5k, tapii ngakunya mahasiswa yeee, tapii kalau mau ngaku umum juga gpp ko, cuman bayar 3.5k. dan abis itu bilang aja ke supir berhenti di halte Kuta gtu, aslii orang sana ramah-ramah ko.

Cara Tinggal.

Kalian jangan khawatir di Bali tidak ada penginapan murah, disana ada ko yang nyediain kamar 70k/orang atau 100k/2 orang, fasilitasnya cukup bagus ko, ada kipas, shower, wc duduk, dll... nama penginapannya "Losmen Arthawan" cari aja di Jalan Leginan, dekat Monumen Bom Bali tuh, tapii meskipun kamarnya banyak, kalau pas musim liburan penginapan ini selalu full, jadi sebaiknya kontak dulu aja. terus buat jalan-jalan di Bali kita bisa rental sepedah motor, harga nya juga lumyan ko cmn 50k-70k/hari tergantung pinter-pinter nawar. dengan sewa motor, kita bisa keliling ke destinasi yang kita inginkan, waktu itu saya sayang cuman ke3 tempat, yaitu Kuta, Tanah lot, dan Bedugul saja, karena sudah capeeek badan ini.  buat makan disana ada juga ko rumah makan padang, warung nasi muslim, dll. jadi, jangan khawatir yooo.

Cara Pulang

sebenernya masih  kepengen sih buat keliling Bali, yaa tapi masalah waktu dan uangnya itu lohh. ahhahah nah seperti rute tadi kita pulang dari Kuta-Batu Bulan-Ubung-Gilimanuk. oya kalau bisa diusahain kita pulangnya jgn kesorean yah, takut tidak dapet Trans Bali, sama Bis yang menuju Gilimanuk lumyan susah juga lho, kalau kemalaman si. waktu itu sih ane pulang jam 5, dari kuta nah, sampe Gilimanuknya jam 10an, trs naik kapal sampe lagi di jawa, ane gak langsung keluar dari pelabuhan, ane shalat + tidur deeh dimushalah, abis gak nyaman tidur di kereta, tpi untung ane gk ketiduran akhirnya ane kebangun jam setengah 5 subuh langsung shalat subuh, dan bergegas liat sunrise, ASLIIII keren pisaaaaan katanya sih "Sunrise Of Java".

Jadwal kereta tujuan Banyuwangi-Jogja jam 6:30, ane langsung ke stastiun langsung naik keretan yang kemarin kereta Sri Tanjung, dan sampe Jogja jam 19:30, oya karena lebih dari jam 19:30 udah gak ada lagii kereta ke Cirebon, ya terpaksa kita harus nginep lagi di Jogja mau di mushalah atau di penginapan (tapi ane sih, dikosan temen yah). hohoho dan jadwal Kereta ada lagi jam 09:00 nama keretanya Bogowonto, nah harganya lebih mahal, yaitu 115k euy... dan sampe di Cirebon lagi jam 14:11.

Total Biaya Buat Transport, Tinggal, dan tiket masuk
Kuta : 0k
Bedugul : 12k
Tanah Lot : 12k
Total 675k (itu kalau mau solo Backpacker, mungkin kalau ber dua pasti lebih irit :D )

*itu belum termasuk biaya makan, karena baiaya makan itu relatif yah, bisa 10k sekali makan bahkan 100k sekali makan, jadi tidak saya cantumkan.
*Sewaktu-waktu harga tiket dapat berubah.
Sekian info backpacker ke Bali dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua khusunya bagi yang mau backpacker.

Foto - foto

Deni fazri   via denifzr.blogspot.co.id
Traveling Ke Bali Dengan Biaya Super Murah Traveling Ke Bali Dengan Biaya Super Murah Reviewed by kukoin on 16.05.00 Rating: 5