5 motor buatan Indonesia mejeng di Tokyo Motor Show 2015

Ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015 memang memberikan informasi seputar dunia otomotif dunia, seperti teknologi, kendaraan konsep, hingga bocoran dari jenama-jenama yang akan meluncurkan produknya di tahun depan.

Ada rasa bangga ketika produk Indonesia bisa hadir di ajang kelas dunia yang berlangsung dari tanggal 29 Oktober hingga 8 November 2015 tersebut. Terhitung ada 5 produk motor yang berada di arena TMS 2015 yang merupakan salah satu gelaran otomotif terbesar di dunia itu.

Seperti dituliskan TMCblog langsung dari Jepang, 5 produk dari jenama-jenama tersebut adalah: Kawasaki Ninja 250SL, Kawasaki Z250SL, Yamaha N-Max 125, Yamaha R3, dan Yamaha MT25 yang merupakan seri telanjang (naked bike) dari Yamaha R25.

Kami mencoba mengupas satu persatu produk-produk tersebut, baik dari sisi spesifikasi dan kelebihan kenapa motor-motor tersebut lolos uji kelayakan sebagai kendaraan berkualitas ekspor.

Duo Kawasaki Ninja: 250SL dan Z250SL
Dua motor berkarakter sport seperempat liter silinder tunggal ini masuk pada jajaran motor dengan kualitas ekspor. Kawasaki Indonesia memang melepas produk ini untuk melengkapi line-up Ninja 250cc yang hadir dengan silinder ganda.

Kawasaki Ninja 250SL dan Z250SL merupakan dua motor dengan dukungan mesin serupa. Yang membedakan keduanya hanya pada desain bodi. Yang satu mengadopsi model sport dengan fairing --Ninja 250SL juga dikenal dengan nama Ninja RR Mono--, yang satu lagi merupakan motor dengan konsep naked bike.

Walaupun hanya memiliki silinder tunggal,Top Speed mengatakan kalau motor-motor dengan bekal mesin Double Over Head Camshaft (DOHC) ini mampu mencapai puncak kecepatan pada 28 hp. TMC Blogmenuliskan dengan basis rangka teralis buatan Indonesia, serta dengan bekal arm uni-track, motor-motor ini sanggup bermanuver stabil saat mengeksplorasi 6 percepatan.

Menampung tangki bahan bakar hingga 11 liter, keduanya menjadi tulang punggung produksi Kawasaki Indonesia dalam melakukan ekspansinya ke daratan Eropa. Di dalam negeri, motor-motor ini dipersiapkan untuk menggantikan generasi motor Kawasaki dua tak, yakni Ninja 150RR yang tak lagi diproduksi.

Yamaha NMax 125
Walaupun tak beredar di Indonesia, namun Yamaha NMax 125 secara fisik tak jauh beda dengan yang dijual di Indonesia. Yamaha Indonesia melepas jenis kapasitas mesin 155cc untuk pasar lokal, dan kapasitas mesin yang lebih kecil --125cc-- untuk ekspor.

Yamaha NMax 125cc ini dikatakan sesuai dengan kriteria negara-negara Eropa. Hal tersebut dilakukan mengingat skuter matik ini akan masuk ke dalam kelas entry levelmotor Yamaha. Selain itu, spesifikasinya ternyata dilakukan penyesuaian.

"Ya benar NMax sudah kita ekspor tapi pakai mesin 125cc bukan 150cc. Jumlahnya 519 unit, baru mulai pada April. Kenapa Eropa? Karena basisnya motor Yamaha MAX-Series di sana dan rencananya NMax 125 akan diluncurkan bulan Juli," terang Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur beberapa waktu lalu pada Okezone.

Visor Down mengatakan motor ini lebih ringan dan lincah. Motor yang memiliki berat 127 kg ini dirasa cukup nyaman untuk bermanuver di tengah macetnya perkotaan dengan bekal kecepatan setara 20 hp.

Tak berbeda dengan versi yang dijual di Indonesia, Yamaha NMax 125 juga dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) untuk stabilitas pengereman.
Dengan pendingin cairan untuk meredam panasnya mesin, motor dengan kapasitas tangki bahan bakar 6,6 liter ini mampu menjelajah 100 km hanya dengan bekal bahan bakar 2,9 liter. Motor ini tersedia untuk pasar Eropa dengan pilihan warna: merah, putih, hitam, dan titanium.

Yamaha R3
Sekilas bentuknya tak jauh beda dengan saudaranya, Yamaha R25. Motor sport buatan Yamaha Indonesia ini memang tak dijual di Indonesia, namun untuk kebutuhan ekspor di benua biru.

Car and Bike mengatakan kalau motor dengan bekal mesin silinder ganda 321cc, 8 katup, DOHC ini tetap stabil saat mencapai tenaga maksimal 42,4 hp dan torsi puncak 29,6 Nm yang dicapai pada 10.750 rpm.

Dengan hadirnya motor yang tersedia dengan 6 percepatan ini pada ajang TMS 2015, itu membuktikan kalau basis produksi motor sport di Indonesia sudah diakui kualitasnya oleh dunia.

Yamaha MT-25
Jenis lain dari motor produksi Yamaha Indonesia yang akan di ekspor adalah Yamaha MT-25. Ekspansi motor naked bike ke benua biru dan Australia ini memang sudah bagian dari rencana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lantas, apakah yang menjadi pembeda antara produk yang beredar di Indonesia dan yang diekspor?
"Ada adjustment by country di Asia. Homologasi, ada berbeda," kata Dyonisius Beti, Vice President YIMM seperti dikutip dari Merdeka (14/7)

"Tentunya nanti secara basic engine tidak ada perbedaan," tambahnya.
Yamaha MT-25 menjadi pelengkap dari varian motor sport 250cc buatan Yamaha. Motor yang merupakan versi telanjang dari Yamaha R25 ini menggunakan mesin injeksi 250cc, silinder ganda, DOHC. Tak ketinggalan teknologi balap DiAsil Cylinder & Forged Piston, dengan dukungan transmisi 6 percepatan.

Mustafa Iman via beritagar.id
5 motor buatan Indonesia mejeng di Tokyo Motor Show 2015 5 motor buatan Indonesia mejeng di Tokyo Motor Show 2015 Reviewed by kukoin on 23.56.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.