Google Luncurkan Balon Internet Gratis di Indonesia

Tahun 2016 Google Indonesia akan meluncurkan balon udara pemancar internet gratis untuk pedalaman Indonesia. Google bekerja sama dengan Indosat, Telkomsel dan XL Aviata. Direncanakan peluncuran balon udara perdana pada Januari 2016 namun belum pasti di daerah terpencil mana saja. Proyek percobaan ini yang bekerja sama dengan 3 provider Indonesia direncanakan selama dua tahun, demikian disampaikan juru bicara Kementerian Informasi Ismail Cawidu di Jakarta hari Kamis (29/10/2015).

Proyek balon internet ini bernama Google Project Loon, dan sudah ditandatangani 28 Oktober 2015 lalu di kantor pusat induk perusahaan Google, Alphabet, di Mountain View, California, Amerika Serikat. Prosesi tersebut dihadiri oleh wakil dari Telkomsel, Indosat, XL Aviata dan direksi Loon Google, disaksikan pula oleh Menteri Informasi Rudiantara dan direktur utama Alphabet, pendiri Google Sergey Brin.

Mekanisme kerja balon internet adalah menara telepon seluler terbang, mengangkasa dengan angin stratosferik pada ketinggian 2000meter, masing-masing balon ini memancarkan koneksi internet turun ke permukaan, dan bila salah satu balon ini keluar jalur, yang baru akan menggantikannya.

"Balon-balon tersebut akan memfasilitasi daerah yang belum terhubung dengan internet, terutama di kawasan timur Indonesia, "kata Ismail Cawidu. "Setelah dua tahun proyek akan dievaluasi," tambahnya.

Sebenarnya Google Project Loon sudah dimulai sejak tahun 2011 dan merupakan prakarsa untuk menyediakan akses internet di daerah pedalaman di negara berkembang menggunakan balon udara yang diluncurkan pada ketinggian sekitar 20.000 meter.

Via sebenarnya.com
Google Luncurkan Balon Internet Gratis di Indonesia Google Luncurkan Balon Internet Gratis di Indonesia Reviewed by kukoin on 16.00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.