Pixar Tertarik Angkat Cerita Dongeng Indonesia ke Layar Lebar

Salah satu studio film animasi terbesar di Hollywood, Pixar Animation Studios, rupanya tertarik untuk mengadaptasi cerita-cerita rakyat asal Indonesia untuk dijadikan film-film animasinya. Mengutip Merdeka.com, ketertarikan Pixar ini disampaikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Triawan Munaf, sepulangnya dari kunjungan kerja ke Silicon Valley, San Francisco, California, Amerika Serikat.
"Mereka yang menawarkan ini kepada kita. Bukan kita yang meminta mereka untuk buatkan film animasi. Ini kabar bahagia buat kita," ujar Triawan di Jakarta pada Selasa, 3 November 2015.

Triawan lanjut menuturkan bahwa pihaknya bakal mengurasi cerita dongeng Indonesia yang berpotensi untuk dijadikan film animasi Pixar. Kendati demikian, cerita dongeng manakah yang bakal dipilih sepenuhnya merupakan keputusan pihak Pixar Animation Studios.

Dalam proses penggarapannya nanti, Pixar akan membutuhkan waktu sekitar empat sampai lima tahun. Ini karena memang Pixar Animation selalu mengutamakan kualitas, baik dari segi teknologi produksi ataupun cerita. Mereka juga akan datang ke Indonesia untuk melakukan riset sebelum menjadikan sebuah animasi.

Ayahanda dari penyanyi Sherina Munaf itu pun berharap proyek bersama Pixar Animation ini bisa membuka kesempatan bagi para animator Indonesia untuk turut terlibat. "Di situ kami harap animator Indonesia bisa ikut berkontribusi soal ini. Tahun ini sedang kita siapkan. Bulan Maret tahun depan saya ke Amerika Serikat lagi," katanya.

Sekedar mengingatkan, sejumlah film animasi populer, seperti Inside Out (2015), Up(2009), Finding Nemo (2003), Monster, Inc(2001), dan Toy Story (1995) merupakan hasil produksi perusahaan tersebut. Menurut laman Filmsite.org, sebagian besar film Pixar masuk dalam jajaran 40 besar film animasi paling sukses sepanjang masa dibox office. Selain itu, film-film animasi Pixar juga telah mengumpulkan penghargaan sebanyak 41 nominasi Academy Awards, 12 piala Oscar, 6 Golden Globes, dan 11 Grammy Awards.

Mia Vita Della via muvila.com
Pixar Tertarik Angkat Cerita Dongeng Indonesia ke Layar Lebar Pixar Tertarik Angkat Cerita Dongeng Indonesia ke Layar Lebar Reviewed by kukoin on 05.18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.