Susan Carland, seorang muslim yang membalas haters dengan kebaikan

Seorang akademisi dari Australia, Susan Carland, memilih melakukan tindakan inspiratif mengenai perilaku netizenyang suka mengejek dirinya di media sosial, terutama di Twitter.

Carland, yang beragama Islam dan istri dari presenter sebuah acara talk show ternama di Australia, mengaku sering menerima ejekan dari orang asing di Twitter.
Ejekan itu terkait dengan keyakinan Carland dan fakta bahwa dia seorang minoritas di Australia.

Lelah menjelaskan dan membela diri, akhirnya Carland melakukan satu aksi yang luar biasa.

Carland memutuskan untuk menyumbang 1 dollar AS untuk setiap status Twitter yang mengejeknya. Sumbangan nantinya akan didonasikan ke Unicef.

Dalam tulisannya di Sydney Moring Herald, Carland menulis, "Sebagai seorang wanita Muslim, orang-orang dari berbagai latar belakang mencoba memberi tahu saya bagaimana seharusnya berbusana dan berperilaku. Mereka juga tampak sangat yakin mengajariku soal agamaku."

Carland mengatakan, orang-orang yang melemparkan kritikan sebenarnya mereka tidak tertarik dengan apa yang terbaik untuknya. Mereka hanya ingin mengintimidasi.

"Saya menyadari setelah usaha sia-sia untuk berdiskusi bersama. Saya hanyalah kanvas kosong yang dapat mereka proyeksikan penilaian serta fantasi mereka tentang agama saya," katanya.

Mengabaikan orang-orang yang mengejeknya lewat internet, Carland memutuskan untuk membuat bentuk ejekan menjadi kebaikan berupa donasi.
Gerakan donasi ini dimulai Carland semenjak bulan Oktober 2015 silam. Sejauh ini, dia sudah berhasil mengumpulkan 1.000 dollar AS atau setara dengan Rp 14 juta.

"Saya mendonasikan 1 dollar AS untuk @Unicef untuk setiap tweet berisi kebencian yang saya dapat. Sekarang, donasinya hampir 1.000 dollar AS. Anak-anak yang kekurangan berterima kasih kepada kalian, haters!" tulisnya di akun Twitter pribadi.

Silvita Agmasari via kompas.com
Susan Carland, seorang muslim yang membalas haters dengan kebaikan Susan Carland, seorang muslim yang membalas haters dengan kebaikan Reviewed by kukoin on 20.08.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.