5 Makanan Khas Indonesia Terkenal Hingga Mancanegara

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia ini kaya akan sumber daya alamnya termasuk rempah – rempah. Tentunya kita harus bangga akan kekayaan yang melimpah dari negara kita ini.

Dengan demikian, tidaklah sulit bagi kita untuk mencari bumbu – bumbu yang bisa diracik kemudian dicampur dengan makanan sehingga menghasilkan hidangan yang lezat. Seperti contoh beberapa makanan khas indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara berikut ini :

1. Rendang

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Rendang adalah makanan khas Indonesia dari daerah Minangkabau. Rasa pedas yang khas dengan rempah rempah yang lengkap, menjadikan rendang sebagai makanan dengan cita rasa yang menggugah selera.

Di masyarakat kita, rendang sering disajikan dalam acara – acara tertentu seperti misalnya acara sunatan, pernikahan hingga memperingati Idul Fitri / Idul Adha.

Sebagai orang indonesia harusnya bangga karena rendang merupakan makanan khas Indonesia yang masuk ke dalam nominasi 50 Hidangan terlezat di Dunia, luar biasa bukan?

2. Gudeg

Merupakan makanan khas dari dareah istimewa Yogyakarta Jawa Tengah. Berbahan dasar buah nangka kemudian sering disajikan dengan kuah santan kental, telur, tahu dan sambal krecekPerlu kesabaran dalam proses pembuatan gudeg ini karena memang butuh waktu berjam – jam hingga menghasilkan gudeg yang enak dengan bumbu yang meresap. Rasa yang enak dari gudeg membuat para wisatawan asing sangat menyukai makanan khas Yogyakarta ini. Bahkan sekarang gudeg sudah ada dalam bentuk kaleng dan menjadi makanan ekspor khas Indonesia.

3. Bakso

Banyak sekali pedangang bakso di seluruh wilayah Indonesia. Ternyata bakso tidak hanya terkenal di masyarakat kita saja, tapi juga sampai ke luar negeri. Bahkan presiden Amerika Serikat Barrack Obama pun mengacungi jempol setelah menikmati makanan khas Indonesia yang satu ini. Presiden Barrack Obama menyinggung enaknya bakso setelah dijamu pada acara kenegaraan. Berkat pemberitaan tersebut, banyak sekali situs Amerika Serikat yang memuat tentang bakso karena beredar foto Presiden Barrack Obama sedang makan bakso.

Umumnya bakso ini terbuat dari campuran daging sampi dengan tepung tapioka. Meskipun demikian, ada juga bakso yang divariasikan dengan menggunakan daging ayam, telur bahkan ikan.

4. Sate

Makanan khas daerah Madura ini ternyata sangat diminati oleh wisatawan asing. Terbuat dari daging sapi, kambing, kelinci, dll. Ciri khas dari sate ini yaitu daging tersebut dipotong kecil kemudian ditusuk dengan menggunakan tusukan dari bambu atau kayu. Proses pembuatannya dibakar kemudian dicampur dengan saus kacang. Bahkan banyak orang indonesia yang berada di luar negeri menjual sate dan ternyata memang makanan khas madura ini sangat laku dan membuat sate menjadi makanan khas indonesia yang mendunia.

5. Nasi goreng

Mungkin anda tidak tahu bahwa sebenarnya nasi goreng yang terkenal di mancanegara adalah nasi goreng khas Indonesia. Hidangan yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kita. Pasalnya hampir disetiap daera terdapat pedangang nasi goreng, baik itu pedagang kaki lima hingga restoran. Nasi goreng berbahan dasar nasi kemudian dicampur dengan bumbu dapur dan rempah – rempah. Nasi goreng ini umumnya disajikan dengan berbagai macam makanan seperti daging ayam, telur dadar, sayuran, sosis dll.

Itulah beberapa jenis makanan khas Indonesia yang mendunia. Kita harus bangga karena bangsa kita sangat kaya, memiliki berbagai suku bangsa, agama dan cita rasa. [food.ijomuda]
5 Makanan Khas Indonesia Terkenal Hingga Mancanegara 5 Makanan Khas Indonesia Terkenal Hingga Mancanegara Reviewed by kukoin on 08.06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.