Wow, Sungai Terpendek Didunia Ternyata Di Indonesia


Bila Afrika unggul dengan sungai terpanjang di dunia, yaitu Nil, Indonesia boleh berbangga. Itu karena negara ini memiliki sungai tependek di dunia.

Ya, Guiness Book of World Recordmencatat bahwa Sungai Tamborasi adalah rekor sungai terpendek di dunia. Predikat ini sebelumnya disandang oleh Sungai Roe di Great Fallas, Montana, Amerika Serikat.

Dibandingkan 61 meter panjang Sungai Roe, Sungai Tamborasi terbentang sepanjang 20 meter dengan lebar 15 meter. Penasaran dimana letak sungai itu?
Sungai Tamborasi terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Jadi, sungai ini tampak seperi danau berukuran kecil, dengan air yang tenang, kehijauan, dan jernih.

Disekitar sungai ada tebing tinggi dan pepohonan besar. Uniknya lagi, hulu sungai ini langsung ke Pantai Tamborasi. Ya, sungai yang dipisahkan oleh pasir putih yang halus.

Keunikan lainnya terletak pada suhu air sungai yang terasa dingin. Sementara disekitar pantai, air terasa hangat.
Wow, Sungai Terpendek Didunia Ternyata Di Indonesia Wow, Sungai Terpendek Didunia Ternyata Di Indonesia Reviewed by kukoin on 16.43.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.