Kebiasaan Orang Indonesia Yang Dianggap Aneh Menurut Bule

Budaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai pemikiran atau adat istiadat. Secara tata bahasa, kata ‘budaya’ sepadan maknanya dengan cara berpikir manusia. Kebudayaan dalam suatu masyarakat memang tidak lepas dari perkembangan masyarakat itu sendiri. Dengan demikian, tiap daerah atau negara memiliki kebudayaan, adat, dan kebiasaan yang berbeda.

Tidak ada yang bisa menilai suatu budaya lebih bernilai ketimbang budaya yang lain. Namun lain halnya dengan ‘kebiasaan’. Kebiasaan identik dengan berbagai hal buruk yang terus dilestarikan, dan tiap masyarakat tentu memilikinya.
Berikut kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata para bule, seperti disarikan dari akun Youtube Sascha Stevenson, Jumat (19/2/2016).

1. Ke supermarket pakai baju tidur
Tentu tiap orang setuju bahwa baju tidur dipakai saat tidur. Namun aturan tersebut seperti tidak berlaku bagi kebanyakan orang Indonesia. Faktanya, banyak ditemui wanita yang pergi ke pasar masih mengenakan pakaian tidur.

2. Pakai sweater saat cuaca panas
Panas terik matahari hingga 38 derajat Celsius sudah menjadi ‘teman’ bagi orang Indonesia, apalagi di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi seperti di Jakarta. Namun tahukah Anda, ada kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata bule perihal pakaian saat panas terik matahari. Saat cauca panas, orang Indonesia cenderung lebih memilih mengenakan sweater. Pakaian yang identik dengan cuaca dingin ini dianggap mampu menghalau panas terik matahari.

3. Makan cabai rawit secara mentah-mentah
Makan cabai rawit secara mentah-mentah merupakan hal yang sangat biasa bagi orang indonesia, apalagi diduetkan dengan gorengan pasti akan lebih nikmat rasanya. Kalau di luar negri cabe rawit harus di olah dahulu sebelum di konsumsi.

4. Makan menggunakan tangan
Kamu pastinya sudah tidak aneh lagi dengan kegiatan yang satu ini dan pastinya kamu juga pernah bahkan sering melakukanya. Makan menggunakan tangan memang di anggap lebih nikmat bagi kebanyakan orang. Hal tersebut di anggap aneh oleh orang luar negeri yang terbiasa makan menggunkan pisau dan sendok garpu.

5. Makan nasi tiga kali sehari
Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari bagi kebanyakan penduduk Indonesia, oleh sebab itu muncul anggapan belum makan rasanya kalo belum makan nasi.

6. Menunjuk dengan jempol untuk bersikap sopan
Orang indonesia memang terkenal dengan keramahan penduduknya. Tidak terkecuali dengan sikap orang Indonesia yang menunjukan arah memakai jempol, hal tersebut merupakan bentuk dari adat dan kesopanan yang ada. Akan tetapi hal tersebut ternyata di anggap aneh oleh orang bule, karena menurut mereka menunjukan arah menggunakan jempol itu membingungkan, arah yang ditunjukan menjadi tidak jelas.

7. Sakit ‘Masuk Angin’
Ternyata sakit masuk angin hanya terjadi di indonesia. Orang bule sering heran jika di ingatkan suruh memakai jaket ketika malam hari agar tidak masuk angin. Karena bagi mereka udara yang dingin sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka.

8. Kerokan
Setelah tau kalo masuk angin ternyata hanya di alami oarang Indonesia, kerokan juga ternyata bentuk pengobatan yang hanya ada di Indonesia dan di anggap aneh oleh bule. Kata mereka kerokan itu menakutkan, seperti bekas dari cambukan yang brutal.

9. Mandi sehari dua kali
Kamu pastinya sudah terbiasa dengan mandi 2 kali sehari, dengan hawa yang hangat di indonesia memungkinkan orang indonesia untuk mandi 2 kali sehari, namun hal tersebut tidak berlaku bagi orang bule, orang bule mempunyai kebiasaan mandi sekali sehari, bahkan bagi mereka yang hidup di hawa dingin mandi sekali selama satu minggu pun sudah menjadi hal yang biasa.

10. Masih SD sudah punya handphone sendiri
Penggunaan teknologi bagi orang indonesia memang agak berlebihan. Gimana tidak? Anak anak seusia SD sudah mempunyai handphonesendiri. Hal tersebut merupakan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Dan hal itu dianggap aneh oleh bule, karena mereka menganggap seorang anak SD belum saatnya menggunakan telepon genggam.

11. Koran dijadikan pelindung kepala saat hujan
Redaksi suatu surat kabar harian perlu proses panjang untuk bisa menerbitkan koran. Bahkan tak jarang dari para jurnalisnya harus mempertaruhkan nyawa demi mendapatkan kebenaran berita. Namun apa jadinya jika surat kabar yang susah payah dibuat hanya menjadi pelindung saat hujan. Ini menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata para bule. 

12. Tinggal serumah bersama orang tua
Bagi kita orang Indonesia, merupakan hal yang wajar apabila belum menikah terus tinggal di rumah orang tua. Berbanding terbalik jika di luar negri, bagi kita yang sudah berumur awal dua puluhan sudah saat nya bagi kita untuk hidup mandiri untuk tidak tinggal di rumah orang tua lagi. Karena malu jika sudah berumur di atas 20 tahun akan tetatpi masih hidup dengan orang tua. Baik itu sudah menikah atau belum.

13. Gemar menakut-nakuti anak kecil
“Malam-malam jangan main di bawah pohon, nanti diumpetin jin,” tentu Anda pernah mendengar kalimat demikian. Kebiasaan menakut-nakuti anak kecil dengan cerita yang tidak masuk akal menjadi kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh para bule. Para bule menganggap, mengapa orang Indonesia tidak berterus terang saja jika ingin anaknya ada di rumah dan harus membaca buku, misalnya.

14. Motor melewati trotoar
Di kota besar seperti jakarta, banyak juga bule yang sering keluyuran dengan berjalan kaki. Namun karena kemacetan dan banyaknya pengendaramotor yang ingin cepat sampai tujuan, akhirnya trotoar yang harusnya untuk pejalan kaki digunakan pengendara motor sebagai jalan pintas. Lantas hal itu membuat pejalan kaki terganggu. Bahkan ada juga oknum yang menggunakan trotoar sebagai lahan parkir. Dan bagi bule ini adalah hal yang mengherankan.

Dan masih banyak lagi keanehan orang indonesia di mata bule, bisa anda sebutkan lainnya? [seduhkopi]
Kebiasaan Orang Indonesia Yang Dianggap Aneh Menurut Bule Kebiasaan Orang Indonesia Yang Dianggap Aneh Menurut Bule Reviewed by kukoin on 03.59.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.