Meski beraroma, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, kita sebut saja buah jengkol muda selain dikonsumsi untuk di olah menjadi menu makanan, ternyata jengkol bisa juga di olah menjadi jenis makanan ringan yaitu krupuk jengkol dan kripik jengkol.

Ternyata jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya yang empuk bila di masak dengan benar dan mempunyai rasa yang sangat khas, mungkin sebagian orang ada yang hobi dengan makanan jengkol dengan alasan jengkol mempunyai aroma yang tajam.

Selain dikonsumsi, jengkol ternyata mempunyai banyak manfaat lain yaitu untuk kesehatan tubuh dan di dalam buah jengkol tersebut banyak mengandung sumber vitamin, karbohidrat, protein fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, glikosida, tanin, dan saponin serta dapat mengatasi beberapa masalah penyakit di dalam tubuh kita. Meskipun jengkol identik sebagai makanan biasa, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Nah, berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan sebagai berikut :

1. Kaya Akan Vitamin
Di balik bau yang ditimbulkan dari jengkol tersebut, ternyata menurut berbagai penelitian kesehatan menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan vitamin diantaranya,Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B2 dan Vitamin C.

Vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan, yang di kenal ampuh dapat menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi Penyakit Jantung Koronen
Mungkin sebagian orang, pernah mengalami penyakit jantung koronen, tetapi anda jangan khawatir untuk mengatasinya dengan anda mengkonsumsi jengkol secara rutin penyakit jantung koronen ini dapat teratasi.

3. Mencegah Penyakit Diabetes
Selain dapat mengatasi penyakit jantung koronen, ternyata dapat mencegah penyakit diabetes. Karena, di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak di temukan pada bahan-bahan makanan lainnyaDan zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat.

4. Pertumbuhan Tulang & Gigi
Manfaat lainnya yaitu sebagai pertumbuhan tulang dan gigi. Pertumbuhan Tulang & Gigi dapat berjalan dengan optimal berkat kandungan kalsium dan pospor yang tinggi pada buah jengkol.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Manfaat berikutnya yaitu dapat mengontrol kandungan darah di dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh anda para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang 'bersahabat' dengan para penderita diabetes. Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah di urai sehingga aman untuk penderita diabetes.

6. Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila di bandingkan dengan kacang hijau dan kacang kedelai.

7. Mencegah Anemia
Jengkol juga kaya akan zat besi, di mana zat besi ini berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh kita. Dengan anda mengkonsumsi jengkol secara rutin, 
hal ini dapat mencegah terjadinya anemia.

 8. Merampingkan Perut
Perlu kita ketahui ternyata, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Dikarenakan kandunga seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB. Sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing.

9. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh demikian juga dengan kesehatan jantung. Toksin (racun) dalam tubuh akan sulit masuk dalam tubuh.
Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh,

Ida riyani via bintunnahell.blogspot.comMeski beraroma, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat
Meski beraroma, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat Meski beraroma, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat Reviewed by kukoin on 20.50.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.