Sadari ini sebelum kamu lulus kuliah

Momen kelulusan kuliah adalah momen yang membanggakan, ditambah bila kita memiliki nilai kelulusan yang terbaik. Setelah melalui banyak pencobaan, seperti dimarahin dosen, sering mendapatkan revisi saat skripsi dan berbagai pencobaan lainnya, kamu akan sangat merasa puas.

Namun, setelah lulus kuliah tidak seenak apa yang dibayangkan. Berikut ini adalah 5 hal yang akan kamu sadari setelah lulus kuliah

1. Hidup itu keras
Sedini mungkin kamu harus sadar bahwa setelah lulus itu kamu akan menghadapi kenyataan yang nyata bahwa kamu harus mandiri . Tak seperti ketika kamu kuliah yang mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Pada akhirnya kamu akan mengalami penyesalan mengapa saat masih kuliah sering menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting dan tidak memikirkan untuk ditabung saja.

2. Tekanan Sosial
Saat setelah lulus kuliah, kamu harus bersiap untuk menjawab pertanyaan dari keluarga, teman, tetangga mengenai apa pekerjaan yang kamu dapatkan selepas lulus dari perkuliahan. Apakah gajimu tinggi ? Apakah sudah mendapatkan posisi yang bagus ??

Kalau sudah mendapatkan perkerjaan, kamu akan sedikit tenang ketika orang di sekitarmu bertanya demikian. Tapi bila belum mendapatkan pekerjaan, kamu akan mendapatkan pandangan kasihan terhadap dirimu.

3. Menyesal Karena TidakMembangun Relasi dan Skill saat di Perkuliahan
Coba pikirkan lagi, kemampuan apa yang bisa kamu kembangkan selain titip absen tanpa ketahuan dosen, nyontek dengan gaya kupu-kupu, selain itu apa lagi ??  Relasi tak berkembang, skill biasa biasa saja, paras juga pas-pasan. Mau jadi apa kamu setelah lulus nanti ???

Maka dari itu, selagi di perkuliahan bangunlah relasi seluas mungkin dan kembangkan kemampuan/hobi kamu sebesar-besarnya. Supaya kelak kamu memiliki bekal kemampuan yang membuatmu mandiri.

4. Teori Kuliah Dengan Pekerjaan Yang Didapat Tidak Klop
Setelah kamu lulus, kamu akan sadar bahwa teori hanya akan sekedar teori dan perdebatan mengenai teori cuma bisa dilakukan saat kuliah. Berbeda saat kamu sudah memasuki dunia kerja, teori hanya dijadikan landasan dasar saja. Istilah istilah yang ada pada teori tidak diperdebatkan, tapi yang diperdebatkan adalah kemampuan yang kamu miliki. Kalau hanya bisa ngomong tapi tidak punya solusi, dipastikan kamu akan menjadi pengangguran.

5. Perbedaan Jauh Antara Kuliah Dengan Pekerjaan Yang Didapat
Mirip mirip dengan poin nomor 4. Jurusan yang kamu ambil terkadang akan berdeda dengan pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan. Terkadang malah sangat bertolak belakang. Jurusanmu farmasi, kerjanya di bank swasta. Juusanmu teknik industri, kerjanya jadi reporter. Di titik inilah kamu akan sadar bahwa idealisme tak bisa dibawa sampai mati. Pilihan mu sendiri antara memegang idealismu atau menenangkan cacin-cacing yang ada di perutmu.

Oleh karna itu, saat di perkuliahan ikutlah kepanitiaan, organisasi, menjalin relasi dengan banyak mahasiswa dalam dan dari luar kampus, serta terus kembangkan skillmu

Via sebenarnya.com
Sadari ini sebelum kamu lulus kuliah Sadari ini sebelum kamu lulus kuliah Reviewed by kukoin on 08.52.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.