10 Karakter Pendekar Asli Indonesia

Seiring berjalannya waktu kisah mengenai pendekar-pendekar asli indonesia mulai pudar, padahal sebelumnya mereka sangat terkenal di indonesia. Cerita mereka banyak di angkat di layar kaca tentang perjuangan melawan kejahatan, tapi sekarang cerita yang penuh inspirasi tersebut di gantikan dengan cerita dan acara layar kaca yang mulai banyak tidak mendidik untuk diperlihatkan.
Cerita-cerita ini kebanyakan mengangkat cerits tentang kisah kerajaan-kerajaan tempo dulu yang ada di indonesia. Berikut ini adalah karakter pendekar asli indonesia yang melegenda.

1. Arya Kamandanu
Arya kamandanu diceritakan seoran pendekar ahli pedang yang sangat hebat pada zaman kerajaan majapahit. Ia memiliki pedang naga puspa yang d idapatkan dari seorang perantau asal cina yang mati.

Dalam kisah tutur tinular, ia merupakan tokoh kompleks, satu sisi ia berperan sebagai orang yang lembut yang jatuh cinta dengan seorang wanita mei shin, di satu sisi ia juga berperan sebagai seorang pengembara dan pendekar yang harus berjuang membela kerajan majapahit dari serbuan pemberontakan

Film ini boleh dibilang film yang benar-benar mengangkat kisah kerajaan majapahit secara utuh dan panjang.

2. Wiro Sableng
Wiro sableng atau pendekar 212 merupakan nama seorang tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh Bastian Tito Wiro. ia terlahir dengan nama Wira Saksana. Sejak kecil ia telah digembleng oleh gurunya yang tekenal di dunia persilatan yang bernama nama Sinto Weni atau Sinto Gendeng.

Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki tanda "212" di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan yang didapat dari beberapa orang guru.

3. Si Buta Dari Gua Hantu
Nama asli si Buta adalah Barda Mandrawata, seorang tokoh petani didaerah banten yang ingin membalas dendamnya atas perbuatan si mata malaikat yang telah berbuat onar kepadanya dan membunuh calon menantunya.

Semenjak itu ia rajin bertapa di Gua hantu hingga ia menjadi sakti mandraguna. Di sinilah ia membutakan matanya dengan menyayatkan golok ke matanya, akan tetapi kebutaanya justru menjadikanya lebih sakti. Perjalanan menutut balas si Buta selalu ditemani seekor kera mungil yang setia yang bernama kliwon.

4. Sembara

Sembara adalah tokoh pendekar utama dalam seri film misteri gunung merapi atau yang sering dikenal dengan mak lampir. Ia digambarkan seorang dari golongan aliran putih yang berusaha melawan aliran hitam yang dipimpin oleh nenek sihir mak lampir. Dalam kisah misteri gunung merapi jua, ia juga diceritakan melawan penjajahan belanda bersama para kyai.

5. Angling Dharma
Prabu Angling Dharma merupakan seorang pendekar yang sangat sakti. Ia kemudian bisa menjadi seorang raja malwapati setelah menang dalam pertarungan sayembara melawan batik madrim.

Ia dikenal sakti mandraguna serta ia meiliki ilmu yang dapat membuatnya bisa berbicara dengan hewan. Ia juga mempunyai teman seekor naga yang selalu setia membantunya jika ia sedang dalam situasi terdesak.

6. Jaka Tingkir

Jaka tingkir adalah seorang pendekar sakti yang memimpin sebuah kerajaan bernama pajang. Sejak kecil ia sudah memiliki kesaktia, menginjak remaja ia sudah gemar bertapa. Salah satu cerita paling terkenal tentang kesaktiaa jaka tingkir adalah bagaimana ia bisa bertarung dan mengalahkan buaya sehingga bisa menundukkan buaya tersebut dan menjadikanya sebagai abdi.

7. Jaka Sembung
Kisah jaka sembung merupakan kisah pada masa penjajahan belanda yang mana Jaka Sembung alias Parmin merupakan jawara sakti Kandanghaur. Ia memberontak atas ketidakadilan Belanda yang mengharuskan para tawanan bekerja secara paksa.

Untuk membunuh Jaka Sembung, Belanda mengadakan sayembara besar besaran. Banyak di antara pendekar itu kalah melawan jaka sembungdan yang paling terkenal saat iya melawan Pendekar memiliki ajian Rawarontek yang membuatnya tak bisa mati bila tubuhnya menyentuh tanah.

8. Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi adalah seorang tokoh pendekar yang menjadi raja di kerajaan sunda dan kerajaan padjajaran. Kisah Prabu siliwangi ini diangkat dari cerita legenda yang berdasarkan prasasti batu tulis. film kolosal yang terkenal dari cerita prabu siliwangi ialah Prahar Prabu Siliwangi.

9. Damar Wulan

Damar Wulan merupakan seorang tokoh legenda cerita rakyat Jawa Timur. Kisah yang sangat populer ditengah masyarakat Jawa Timur. Kisah ini bercerita tmengenai perseturuan antar sang pendekar yaitu damar wulan sendiri melawan musuhnya Minak jinggo, yang terlibat perseteruan dalam memperebutkan seorang wanita dan kerajaan.

10. Brahma Kumbara
Brahma kumbara merupakan salah satu seri film kolosal indonesia paling lawas. Generasi awal film indonesia ini diadaptasi dari cerita pada zaman kerajaan padjajaran. Kerajaan Pajajaran ini dilakoni oleh tokoh utama brahma kumbara sebagai raja yang sakti mandraguna lagi rupawan.

Ia menjadi eorang pewaris tahta kerajaan Madangkara yang pada awal kisah diceritakan tengah dijajah oleh kerajaan Kuntala. Setelah Brama Kumbara berhasil menumbangkan kekuasaan kejaan Kuntala. Kiisah berlanjut dengan permusuhan antara Brama dan Gardika yang ingin mengembalikan kekuasaan Kuntala. awas-aja
10 Karakter Pendekar Asli Indonesia 10 Karakter Pendekar Asli Indonesia Reviewed by kukoin on 16.17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.