Fakta Tahun Ajaran Baru 2016 yang Menjadi Berita di Media

Tahun ajaran baru 2016/2017 telah dimulai. Tahun ajaran baru merupakan moment tersendiri bagi para siswa. Ada siswa yang baru masuk ke sekokah baru, ada juga yang melanjutkan di sekolah yang sama, dengan jenjang kelas yang lebih tinggi.
kemendikbu.go.id
Berikut adalah fakta menarik yang terjadi saat  tahun ajaran baru 2016/2017 yang  banyak diberitakan di media :

1. Harga peralatan sekolah naik.
Perinsip ekonomi, ketika banyak permintaan maka akan diikuti dengan kenaikan harga, hal itu berlaku pula pada harga peralatan sekolah ketika tahun ajaran baru.

Harga sejumlah peralatan perlengkapan sekolah tahun ajaran baru ( 2016/2017 ) naik. Kenaikan tersebut antara lain terjadi pada tas, buku tulis hingga aksesoris peralatan sekolah.

2. Mengantar anak sekolah dihari pertama
Pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan menerbitkan Surat Edaran No 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang diperkuat lagi dengan Surat Menteri PANRB No. B/2461/M.PANRBN/ 07/2016 tentang izin bagi PNS di hari pertama masuk sekolah.

Surat kedua menteri itu ditujukan kepada bupati, gubernur, menteri dan seluruh pimpinan lembaga pemerintahan lainnya agar PNS diizinkan mengantarkan anak ke sekolah.

3. Perebutan bangku sekolah
Di beberapa media banyak diberitakan mengenai perebutan bangku sekolah sekolah oleh siswa. Orangtua siwa meyakini siswa yang duduk di deretan depan akan mendapatkan prestasi dan menjadi juara kelas.

Perebutan bangku sekolah di urutan depan itu sudah menjadi agenda rutin tahunan di sekolah itu, terutama setiap hari pertama masuk sekolah. Bahkan orangtua dan siswa rela menunggu dari jam 03.00  untuk mendapatkan kursi paling depan.

4. Pelarangan peloncoan dan pungli
Ketika mengkampanyekan antar anak pada hari pertama sekolah, mendikbud Anies Baswedan mendorong orangtua untuk melaporkan jika ada perploncoan serta pungutan liar di sekolah. Ia mengatakan, jika tanpa ada laporan dari orangtua, maka pemerintah akan sulit bertindak.

Bahkan Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan surat edaran larangan perploncoan pada siswa saat Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama). Edaran tersebut disebut sebagai upaya memotong benih awal tradisi kekerasan pada siswa.
Fakta Tahun Ajaran Baru 2016 yang Menjadi Berita di Media Fakta Tahun Ajaran Baru 2016 yang Menjadi Berita di Media Reviewed by kukoin on 05.15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.