6 Fakta Uniknya Geografis Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat unik hal ini sangat dipengaruhi oleh jumlah pulau di Indonesia yang sangat banyak. Dengan17.508 pulau membuat Indonesia memiliki tatanan geografis beraneka ragam dan tersebar di seluruh pelosok nusantara.

Lalu seberapa jauh Anda mengetahui tentang kekayaan Alam Indonesia ? Nah berikut 6 hal unik dan paling tentang geografis Indonesia yang mungkin belum Anda ketahui :
beritasatu.com
1. Gunung Tertinggi
Gunung paling tinggi di Indonesia adalah gunung Carstensz di Barisan Sudirman, provinsi Papua, merupakan gunung tertinggi, tapi terdiri dari berbagai puncak yang mencapai ketinggian 4.884 mdpl. Memang Puncak Jaya adalah puncak tertinggi, tapi seperti Puncak Ngga Pula dan Puncak Cartenz Timur berdiri hanya beberapa meter di bawah “saudaranya” yang lebih besar. Dari kejauhan sebenarnya Carstensz terlihat seperti tebing maha besar daripada gunung.
kompas.com
2.  Sungai Terpanjang
Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini.
maritim.go.id
3. Danau Terluas
Danau Toba di Sumatera Utara (Luas: 107.216 Ha). Danau ini begitu tersohor bahkan hingga ke mancanegara. Ia merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Uniknya, tepat pada bagian tengan danau toba ini terdapat pula vulkanik yang dikenal dengan nama Pulau Samosir. Sejak dahulu, danau toba sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling penting di Sumatera Utara. Di danau toba ini ada banyak jenis rekreasi yang bisa pengunjung coba.
berita8.com
4. Kota Paling Tinggi Curah Hujan
Di Indonesia, Bogor dikenal dengan julukan kota hujan karena memiliki curah hujan tahunan yang lebih tinggi dari daerah lain di Indonesia.  Curah hujan  rata-rata pertahun di Bogor adalah 3.500 hingga 4.000 milimeter.
kulitinta.com
5. Cadangan Emas Terbesar
Cadangan emas terbesar di Indonesi adalah di Papua yang mencapai 29,8 juta troy ounces  ini merupakan cadangan terbesar atau mencakup 95 persen dari total cadangan emas Freeport di dunia.
kaskus.co.id
6. Pulau Terpadat
Pulau terpadat di Indonesia adalah pulau Bungin di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, punya julukan sebagai pulau terdapat di dunia. Di pulau ini nyaris tidak ada lahan kosong, seluruh daratannya dipenuhi rumah-rumah penduduk.
6 Fakta Uniknya Geografis Indonesia 6 Fakta Uniknya Geografis Indonesia Reviewed by kukoin on 21.44.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.