Tips Untuk Membiasakan Sarapan Pagi Pada Anak

Menerapkan kebiasaan baik sejak dini akan memberikan dampak terhadap perkembangan fisik dan psikologi anak. Salah satu kebiasaan baik yang harus Anda terapkan yaitu membiasakan sarapan pagi dengan menu makanan sehat. Sarapan memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap tumbuh kembang anak. Namun kesadaran akan hal tersebut nampaknya masih sangat rendah sehingga banyak orang yang mengabaikan pentingnya memberikan sarapan pagi sehat untuk anak.
mercubuana.ac.id
Melewatkan sarapan pagi merupakan salah satu hal yang akan berdampak serius yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Anak-anak yang tidak mendapatkan asupan makanan bergizi pada pagi hari cenderung tidak bisa berkonsentrasi ketika belajar. Bahkan pada sebagian kasus, melewatkan sarapan pagi akan membuat anak tidak bersemangat dan cenderung tidak bergairah untuk menerima pelajaran.Mencukupi kebutuhan gizi sebelum melakukan aktivitas akan membuat si kecil lebih bersemangat, bugar dan bisa berkonsentrasi dengan baik ketika menerima pelajaran di sekolah.

Nah, hal inilah yang menjadi poin penting bahwa sarapan bisa mempengaruhi kecerdasan seorang anak. Memberikan sarapan sehat dipagi hari akan menutrisi otak sehingga berfungsi dengan baik dalam mengolah informasi. Selain itu, asupan makanan yang bergizi pada lpagi hari akan menghindarkan anak dari defisiensi nutrisi.

Namun kadang banyak anak yang tidak mau makan pada pagi hari sebelum pergi ke sekolah. Nah, dalam hal ini Anda harus bisa menyajikan menu sarapan yang akan membuat anak tertarik untuk menyantapnya. Pada dasarnya Anda harus bisa menciptakan suasana sarapan pagi oyang menyenangkan untuk si kecil.

Nah, Berikut Ini Tips Untuk Membiasakan Sarapan Pagi Pada Anak

1. Menyajikan Menu Yang Bervariasi
Salah satu penyebab anak tidak mau sarapan pagi yaitu karena merasa bosan dengan sajian menu yang sama. Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan menu sarapan yang bervariasi. Jangan memberikan menu sarapan yang sama setiap hari. Buatlah daftar menu sarapan setiap harinya dengan sajian yang berbeda sehingga akan menarik minat anak untuk sarapan. Pilihan makanan yang bisa Anda sajikan yaitu sereal, kentang ataupun roti.

2. Sajikan Menu Praktis
Sajikan menu sarapan pagi yang praktis namun mengandung gizi dan menarik minat si anak untuk mengkonsumsinya. Menu praktis dan sehat contohnya yaitu sereal dan susu atau roti gandum diolesi selai kacang.

3. Perhatikan Porsi Sarapan
Jangan memberikan porsi sarapan terlalu banyak karena akan membuat anak malas untuk menyantapnya. Berikan porsi secukupnya namun mengandung gizi tinggi. Porsi yang terlalu banyak menyebabkan anak mengantuk dan tidak berkonsentrasi. [solusisehatku]
Tips Untuk Membiasakan Sarapan Pagi Pada Anak Tips Untuk Membiasakan Sarapan Pagi Pada Anak Reviewed by kukoin on 19.10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.