5 Olahraga Unik Asli dari Indonesia

Olahraga merupakan sebuh kegiatan yang bertujuan untuk melatih tubuh kita baik secara jasmani dan rohani. Tidak sedikit orang sangat gemar berolahraga mulai dari berlari, bersepeda, sepak bola, bola volly, basket dan masih banyak lainnya. Namun apakah kalian tahu apa saja olahraga yang asli dari Indonesia ? berikut adalah beberapa olahraga asli dari indonesia :

1.    Sepak Takraw
Sepak Takraw merupakan sebuah olahraga yang dimanikan seperti bola volly namun hanya diperbolehkan menggunakan kaki untuk memukulnya. Permainan sepak takraw ini dimainkan di lapangan bulu tangkis, karena tidak ada lapangan khusu untuk bermain sepak takraw.

Dulunya sepak takraw ini berasal dari Kesultanan Malaka yang dulu bernama sepak raga. Untuk jumlah pemain dalam permainan sepak takraw dimainkan 3 orang setiap regu jadi total pemain di dalam lapangan adalah 6 orang.

2.    Karapan Sapi
Karapan sapi merupakan olahraga ekstrim yang berasal dari Madura. Dalam olahraga ini sangat unik dimana bukan oarangnya yang berolahraga melainkan sapi yang berolahraga. Sistem permainannya adalah, akan ada 2 ekor sapi yang akan berlari dan seorang yang akan menungangi sapi menggunakan kayu yang berada di belakannya (seperti seorang joki) dan untuk bermain olahraga ini harus disawah yang penuh dengan lumpur. Agar jika jatuh tidak sakit.

3.    Pencak Silat
Pencak silat merupakan kebudayaan asli Indonesia yang sudah lahir sejak dulu. Banyak berbagai aliran dari pancak silat yang pada dasarnya hanya sama saja. Sepeti Pencak silat Cimande, Pencak Silat Silek dan masih banyak lainnya. Hingga sekarang pencak silat bekermbang hingga lur negri seperti Malaysia, Brunei, Singapur dan negara tetangga lainnya.

4.    Pathol
Pathol merupakan sebuah olahraga gulat tradisional yang berasa dari Jawa Tengah. Katanya pemainan Pathol ini sudah dimainkan sejak jaman kerajaan Majapahit. Karena kemajuan jaman ada beberapa gerakan pathol yang diubah sehingga menjadi kesenian adat.

Patholini sering dimainkan di pesisir atau pinggir pantai dan di selenggarakan sebagai acara atat seperti menjelang bulang purnama atau upacara adat lainnya.

5.    Pacu Jalur
Pacu Jalur merupakan sebuah jenis olahraga yang berasa dari Riau.  Dan yang digunakan dalam olahraga ini yakni sebuah perahu dengan ukuran panjang 25 – 40 meter dan dinaiki beberapa orang sekitar 40 – 60 orang. Dulunya pacu jalur ini dimainkan dalam memperingati hari besar islam seperti Idul Firi, Maulid Nabi atau tahun baru muharram.
Namun seiring perkembangan jaman pacu jalur digunakan sebagai acar festival daram rangkaian kemerdekaan atau yang lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai 5 Olahraga Asli Indonesia, apakah ada salah satu jenis olah raga yang anda kenal atau sukai ? mungkin iya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Sekian dan trimakasih.
5 Olahraga Unik Asli dari Indonesia 5 Olahraga Unik Asli dari Indonesia Reviewed by kukoin on 02.20.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.