Candi Ijo, Candi Indah diatas Bukit

Berbeda dengan candi – candi lainnya di Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur dan lain - lain, Candi ini terletak di sebuah perbukitan yang terdapat di sisi seblah timur utara kota Yogyakarta selain itu candi ini juga tergolong mungil atau pendek.

Candi Ijo ini dibangun pada tahun  pada abad ke-9. Untuk bagian – bagian dari candi ijo terdapat 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi beberapa teras. Dan diletakkan di berbagai tempat di sekitar candi utama. Jika anda memasuki salah satu candi anda akan melihat sebuah arca dengan tulisan kuno. Dan juga arsitektur serta model candi ini sangat unik dan menarik. Namun, karena termakan usia tinggal beberapa candi saja yang masih berdiri kokoh.


Dulu candi ijo merupakan tempat sakral dan keramat bagi warga di sekitarnya, namun sekarang candi ijo berubah menjadi onjek wisata yang lumayan populer di wilayah Yogyakarta. Hal ini karena candi ijo terletak di ketinggian sekitar 400meter dari permukaan air laut. Sehingga sangan cocok untuk menikmati sunset di sore hari.  Selain itu bangunan candi ini saat unik dan pemandangan di sekitar ini sangat bagus baik bagi anda yang senang berselfi ada berfoto dengan teman – teman anda.


Bagaimana tertarik utuk berwisata ke Candi Ijo Yogyakarta ? Candi Ijo ini terletak di desa Groyakan Sambirejo, Prambanan, Sleman. Jika ingin kesini bisa melewati jalan raya Prambanan – Piyungan nanti sudah terdapat plakat yang mengarah ke Candi Ijo. Nanti saat anda menuju ke candi Ijo akan melewati tanjakan yang cukup tinggi maka dari itu harus berhati hati. Dan juga jalannya bisa dilewati untuk kendaraan beroda dua ataupun beroda 4. Oh iya, saat anda menuju tempat ini anda akan melewati Tebing Kapur Putih yang bernama Tebing Breksi disitu juga merupakan tempat indah dan cocok  untuk berfoto ataupun berselfie, yang terdapat disebelah kiri jalan.


Candi Ijo, Candi Indah diatas Bukit Candi Ijo, Candi Indah diatas Bukit Reviewed by kukoin on 02.02.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.