Cara Menjadikan Anak Pemalu Menjadi Percaya Diri

Memiliki anak yang percaya diri merupakan dambaan setiap orang tua. Tatapi perkembangan anak berbeda - beda, ada yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi ada pula yang pemalu.   Anak pemalu dalam hal ini adalah anak yang tidak berani berbicara atau tampil dihadapan orang.
tipsanakbayi.com

Meski bukan sesuatu yang menghawatirkan, sifat pemalu pada anak harus mendapatkan perhatian lebih khusus dari orang tua. Jangan sampai rasa malu pada anak menggangu proses perkembangan anak karena akan menyebabkan anak sulit bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Jika Anda memiliki anak yang pemalu, ada baiknya Anda ikuti beberapa tips berikut :

1. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
Menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan cara membiarkan anak mengeksplorasi terhadap apa yang diinginkannya. Tetapi aktivitas ini juga harus terus dalam pengawasan orangtua. Jangan sampai anak melakukan hal yang membahayakan dirinya. Selain itu berikan pula pujian kepada anak jika dia melakukan hal yang positif dan biarkan anak Anda tumbuh dengan citranya sendiri.

2. Latih Anak Untuk Bersosialisasi
Tips selanjutnya adalah dengan melatih anak bersosialisasi caranya adalah dengan mengajak Anak dalam aktifitas Anda. Kegiatan seperti ini akan melatih anak Anda untuk berinteraksi dengan orang dan lingkungan yang baru baginya.
Jika Anda termasuk orang yang sibuk, bisa memanfaatkan hari libur untuk mengajaknya bermain dengan teman - temannya karena anak lebih cenderung mudah bersosialisasi dengan orang yang dikenalnya.

3. Motivasi dan Dukungan Orangtua
Kepercayaan diri seorang anak akan semakin kuat ketika ada dukungan dari orangtuanya. Jika anak Anda belum berhasil dalam melakukan sesuatu, berilah motivasi dan kepercayaan bahwa dia pasti akan berhasil nantinya.

4. Berilah Tontonan Yang  Bermanfaat
Berilah tontonan yang bermanfaat bagi anak-anak. Contohnya adalah video tentang anak-anak yang sedang bermain, tentang lagu anak-anak dan video tentang keteladanan nabi. Video seperti itu bisa menjadi contoh bagi anak yang pemalu menjadi anak yang berani.

5. Permainan Peran atau Drama Anak
Bermain peran dapat mendorong kreativitas dan rasa percaya diri, karena dalam percakapan anak berlatih bagaimana bernegosiasi dengan orang lain.
Meski hanya main-main, lihat saja anak pasti melakukan dengan sungguh-sungguh seolah terjadi dalam kehidupan nyata. Jangan heran, kalau anak lebih percaya diri saat bertemu orang lain, meski ia belum Anda kenalkan kepadanya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak Anda menjadi anak yang percaya diri. Semoga bermanfaat.
Cara Menjadikan Anak Pemalu Menjadi Percaya Diri Cara Menjadikan Anak Pemalu Menjadi Percaya Diri Reviewed by kukoin on 14.40.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.